Ingin menghuni apartemen ? cek apa saja yang anda butuhkan

Menghuni sebuah tempat tinggal adalah hal penting untuk sobat yang membutuhkan tempat tinggal,  khususnya yang memiliki mobilitas tinggi sepertinya memilih sebuah apartemen adalah pilihan yang tepat. Alasan umum karena apartemen bertempat di jalan utama yang dekat dengan transportasi umum yang mudah di akses.

Selain masalah transportasi tentunya masalah akses dan juga keamanan juga menjadi prioritas karena mereka yang sibuk dengan waktu kerja yang padat, tidak akan sempat memikirkan banyak  hal yang sifatnya “tetek-bengek” . sehingga nilai praktis dari apartemen benar-benar sangat dibutuhkan bagi para professional.

Nah berikut ini ada beberapa tips untuk sobat beberapa hal dasar untuk siap menjadi penghuni apartemen :

  1. Perhatikan mengenai surat-surat keabsahan.

Bagi sobat yang menggunakan apartemen dengan sistem sewa atau kontrak tentunya kontrak sewa sangatlah penting. Karena akan menentukan bagaimana system pembayaran, iuran , dan juga ketika terjadi resiko dalam pemakaian apartemen nantinya.

Namun permasalahan sepertinya lebih kompleks bagi sobat yang menjadi pemilik apartemen baru ingatlah bahwa anda adalah pemilik apartemen tersebut. Buktikan bila sobat adalah pemilik sah dengan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Sehingga sangat memudahkan anda dalam proses jual beli atau bila nantinya akan ada sengketa

  1. Barang-barang apa saja yang boleh dan tidak boleh

Jangan kira bahwa sobat sudah mendapatkan hak tinggal di apartemen baik sewa ataukah membelinya namun tata tertib khususnya barang-barang yang perlu dibawa dan dipakai. Misal nya apakah boleh membawa hewan peliharaan di dalam apartemen, ataupun juga hal-hal lain seperti memasak , ataukah menonton dengan volume yang lebih kencang.

Semua hal tentunya harus bisa sobat sikapi dengan bijak, misalnya bagaimana peraturan yang tertulis dalam poin-poin yang ada. Bisa juga dilihat mengenai bagaimana kondisi sesama penghuni. Nantinya sobat akan dapat mengetahui apa-apa saja yang boleh dan juga tidak boleh tersedia dalam penggunaan di dalam apartemen.

  1. Perhatikan iuran-iuran rutin dalam

Iuran-iuran rutin tentunya memang tidak hanya terdapat dalam hal apartemen namun juga seperti perumahan ataupun masyarakat dalam lingkup perkotaan lainnya. Dalam hal tersebut biasanya hal dasar seperti biaya keamanan , parkir, sampah, maupun iuran-iuran lain. Meskipun terkesan sepele namun sangat perlu diperhatikan bahwa hal-hal inilah yang menjadikan sobat  seorang yang tertib atau tidak dimata masyarakat.

Selain itu ada juga dalam mencoba mempertahankan kualitas dari apartemen maupun rumah susun yang disusun antara manajemen apartemen maupun kelompok warga. Contohnya seperti bagaimana supaya lift berfungsi dengan baik, penerangan yang terpelihara, kolam renang yang bersih, dan sebagainya. Tentunya memerlukan dana operasional yang dibebankan kepada pengguna apartemen.

  1. Tata krama dan aturan umum sesame warga

Sobat penghuni apartemen mendekatkan diri dengan warga sekitar apartemen sangatlah penting. Tentunya kita ingin betah dalam hidup di lingkungan apartemen. Disamping itu merekalah yang akan membantu sobat pertama kali bila terjadi sesuatu di unit sobat. Sehingga menjadi akrab sangatlah penting dan menyenangkan.

 

Meskipun ada keamanan 24 jam yang menjadi prioritas dari apartemen dan juga kenyamanan. Tidak ada ruginya bagi sobat dalam membina relasi dan juga menjadi sosok yang menyenangkan. Karena bukan tidak mungkin akan ada hubungan yang sangat berguna dalam kehidupan sobat.

 

Iya begitulah tips bagi sobat yang ingin memutuskan diri untuk tinggal di Apartemen. Mau bagaimana pun sobat perlu untuk memikirkan aspek-aspek apa saja dalam keputusan untuk tinggal di apartemen Bersama keluarga. Semoga bermanfaat dan memberikan pilihan pandangan supaya tidak salah dalam menentukan sikap menghuni apartemen.

 

Sumber :

  1. com “tips penting untuk penghuni apartemen”
  2. com “Apa itu PPJB Apartemen”.
  3. com “ini alasan IPL wajib dibayarkan penghuni apartemen”
  4. com “kenapa orang praktis lebih suka tinggal di Apartemen ? ternyata ini sebab”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!